Nah, basa basi dulu neh sebelum kita mengenal yg namanya PHP (Pe Ha Pe), ada lelucon seh mengenai bahasa pemrograman yang satu ini. Kata dosen q dulu (Ir. Ruswa Darsono, makasih ya pak…) PHP tu dibuat sama orang madura, loh kq bisa? ternyata jawaban beliau gini “aslinya nama bahasa pemrograman itu PH, tapi karena yg bikin lidah orang madura, jadinya Pe Ha Pe” ( Persis kayak lafal Te Sate yg jual sate tu loh, he he). Nah ini yang serius, PHP adalah teknologi yang dibuat oleh Rasmus Lerdorf. PHP singkatan dari Personal Home Page Tools yang kemudian berubah lagi menjadi PHP Hypertext Preprocessor. PHP bisa berinteraksi dengan hampir semua teknologi web yg sudah ada. PHP merupakan bahasa script yang dibundel bersama HTML dan dijalankan di sisi server. Bahasa ini memungkinkan para pembuat aplikasi web menyajikan halaman HTML dinamis dan interktif yang dihasilkan oleh server, meskipun teknologi baru semakin bermunculan terkait dengan penyajian konten web yang dinamis dan interktif seperti penggunaan AJAX, OpenLAZLO, ato yang sedang hangat dibicarakan yaitu Silverlight buatan Microsoft. Prinsip kerja PHPkaya apa seh? gini neh prinsip kerja PHP tuh :

Kerja PHP tu diawali dengan permintaan suatu halaman web oleh browser di komputer client, browser mendapatkan alamat dari web server, mengidentifikasikan halaman yang dikehendaki dan menyampaikan segala macam informasi, misalnya mencari informasi dari suatu database. Selanjutnya webserver akan mencarikan berkas dan memberikan isi ke mesin PHP dan mesin itulah yang memproses dan memberikan hasilnya berupa kode html ke web server, selanjutnya web server menyampaikan ke Client

Sebelum belajar PHP, yang harus diketahui dan dipelajari dahulu ialah :

  1. Paham pemrograman web berbasis XHTML
  2. Ngerti Caranya Install & pengoperasian Apache Server
  3. Nah Baru Masuk ke pemrograman web pake php
  4. Klo udah OK, tambahin pake database, MySQL boleh, Postgres oke, Oracle Ayo…

Nah klo gitu q jelasin aja dari awal y, ini neh tahapannya ( klik aja klo mau buka ):

  1. Pemrograman Web berbasis XHTML
  2. Pengenalan Web Server & Cara Installnya
  3. Pemrograman Web berbasis XHTML + PHP
  4. Manipulasi Database ( Contohnya MySQL ) dengan PHP
  5. Contoh-contoh program dengan PHP & MySQL (source nya juga ada loh…)