Kenapa ukuran ping maksimal 65.500 byte ?

Pagi ini q ditanyain pertanyaan menarik ma anak2, simple banget. Pak kenapa ping maksimal cum bisa 6500 (hah enam ribu?).. he he, ne pasti pak Andi yg ngasih tugas ya…
berhubung gak tau klo ternyata tugas, ya ta kasih tau..

gini lho de..

kan udah ada aturan yang mengatur, maksimum panjang paket IP adalah 65535 (2^16 – 1) bytes, maka hanya itu yg bisa dikirimkan..

lha trus pak, klo lebih dari itu?..

klo lbh dari itu, biasanya disebut ping of death (POD, wah kaya grup musik ae..). POD tuh termasuk salah satu jenis serangan ke komputer berupa pengiriman paket data yang salah atau tidak sesuai. Besar ukuran ping biasanya 56 byte (atau 84 byte termasuk IP Header), banyak sistem komputer yang tidak dapat menangani paket ping yang lebih besar dari ukuran maksimum IP paket yaitu 65.535 byte. Jika mengirimkan paket ping sebesar ini dapat menyebabkan komputer target hang cz buffer overflow (weh opo meneh kuwi pak?) trus crash…

o0o…