Be a Good Teacher…

Waaa blog q seakan tertidur.. he he maklum gak punya hosting sendiri jadine males.. tp ngga juga ding, tergantung orangnya juga. Semangatt !!!, kale ne q maw cerita soal apa yg telah q alamin minggu-minggu ini, so chek it out….

Alhamdulillah, setelah melalui sedikit perjuangan, akhirnya q jd guru juga, cita2 masa kecil yang terkabul, meskipun setelah kuliah cita2 dosen menggusur cita2 anam kecil menjadi guru, but it’s doesnt matter, i can still share my knowledge that i’ve acquired, buat bekal di akhirat nanti..

Meskipun hanya guru di smk swasta, he he testnya masya Allah, patut diceritain di blog q neh..

test pertama :

hari pertama test q adalah test bahasa inggris, wehehe ternyata toefl di UTY bisa terpakai juga… can u speak english? kujawab mantab : yes i can.., selanjutnya bla bla bla… (ruwet xixixi..). Setelah selesai itu langsung ke pak makruf  (klo gag salah, he he maap pak) tes baca quran ma ditanyain ttg organisasi, Alhamdulillah meskipun cuma ikut IRM gara2 sekolah q di muhammadiyah, tp kan minimal pernah ada di Ortom muhammadiyah, HIMATIKA q juga terpakai neh…

Nah abis itu nemui Bu Eny (eny pa evy pa emy ya? he he) yang ngurusin kurikulum (wakasekbag kurikulum ketok e) ditanyain : kamu ngerti kurikulum ndak? yaaa ta jawab : he he, setau saya yaa kurikulum 94 bu.. (nyaingi SKJ94 kaleee).. habis tu ditanyain tau bedanya smk ma sma gak, tau ini nggak, tau itu ngga, kenapa kq mau jd guru disini pdhl jelas2 gajinya kuecil.. n kujawab : cita2 jade guru buuuuu. Habis tu tanyain lg seandainya diterima, apa yg akan km lakukan, he he pertanyaan suuusaaahh…

tapi ternyata pertanyaan bu eny ga cm sampe situ, yg terakhir ditanya : kamu bisa bahasa inggris ndak? wehehe yes i can.., trus dy blg : okey cb km skrg simulasi ngajar didepan saya, berdiri, dengan bahasa inggris menerangkan tentang TKJ (teknik komputer dan jaringan), wakssss gelagepan neeh, soalna tuh di ruang guru + banyak guru liat, he he he… yaa okey class, this time i would tell y’all about networking… etc etc..

huff hari pertama selesai….

test hari kedua

langsung ketemu pak irwan (KJ TKJ), di test di ruang TKJ dengan 6 soal, 3 soal teori, 2 soal praktek, ini neh soalnya :

1. Apa yg anda ketahui ttg IP Public dan IP Local?, he he lewaatt, gampanggg..

2. Apa yg anda ketahui tentang gateway?, lewaat lageeeeee, gampang !!

3. Gambarkan serta Jelaskan koneksi jaringan dari ISP ke client (sebagai ilustrasi sebuah warnet dengan 20 client computer)!!, wekeke, kaya ujiane pak iwan dikampus di matkul jaringan komputer, gampaaang..

4. Buatlah sambungan cross.. (wahaha, tiap hari dikost juga ngurusin kabel klo maen game ne gak lancar…)

5. Settinglah DHCP Server pada suse linux agar client memperoleh IP secara Automatis. waduh….

6. Settinglah DNS Server pada suse linux !. waduuhh..

by the way… Alhamdulillah i past the test..

sekarang tinggal mempelajari bagaimana menjadi seorang guru yang baik. Memang aku dah punya pengalaman mengajar, tp kan di universitas, bukan di sekolah.. mulai searching kemana2, nanya kesiapa2, dan berpikir, dulu aq ma temen2 tu suka guru yg kaya gimana c? lebih paham guru yang kaya gmana c?, dan itulah yang akan ku tiru dan ku laksanakan, be a good teacher..  mohon bimbingannya ya semua !!!